SILABUS
Kelompok : TK A
Tema : pekerjaan
Sub Tema : jenis-jenis kendaraan
Hari/Tanggal : kamis , 16 april 2015
Waktu : 60 menit
Kelompok : TK A
Tema : pekerjaan
Sub Tema : jenis-jenis kendaraan
Hari/Tanggal : kamis , 16 april 2015
Waktu : 60 menit
Standar kompetensi
|
Kompetensi dasar
|
indikator
|
materi
|
Tujuan pembelajaran
|
Kegiatan pembelajaran
|
Metode/ pendekatan
|
Alat dan bahan
|
Sumber belajar
|
Penilaian hasil
|
Anak mampu melakukan perilaku keagamaan secara berurutan dan
mulai belajar membedakan perilaku baik dan buruk
|
Anak mampu melakukan kegiatan keagamaan secara berurutan
|
Berdoa sebelum dan sesudah melaksanakan kegiatanz
|
·
Membiasakan salam
·
Membaca
doa
sebelum belajar
·
Mempraktekkan cara bekerja yang baik
·
Membedakan cara bekerja yang baik dan buruk
|
Dengan membaca doa naik dan turun kendaraan anak terbiasa untuk berdoa
|
·
Mengucap salam “assalamualaikum”
·
Berdoa sebelum belajar”bismillahirrohmanirrohim”
|
Praktek langsung
|
|
Buku yang di pakai
|
·
perbuatan
|
Anak dapat berkomunikasi secara lisan, memiliki perbendaharaan
kata , serta mengenal simbol sebagai persiapan membaca membaca, menulis dan
menghitung
|
Anak mampu berkomunikasi secara lisan , memiliki perbendaharaan
kata , serta simbol-simbol untuk persiapan membaca
|
Melatih anak bertanya jawab tentang jenis-jenis kendaraan.
|
· menyebutkan
nama kendaraa dari Gambar
· mengklasifikasikan
Jenis pekerjaan
·
membedakan Jenis pekerjaan
|
Anak
dapat menyebutkan jenis-jenis kendaraan.
|
·
Guru bertanya tentang macam pekerjaan
·
Mengelompokkan jenis pekerjaan
·
Mengisi lembar fortofolio
·
Bermain kartu gambar
|
Tanya jawab
|
·
Kartu kata
·
LKS, menghubungkan tulisan dengan gambar
macam-macam kendaraan
|
LKS
|
·
Perbuatan
·
Foftofolio hasil karya anak
|
Anak mampu melakukan gerakan tubuh secara terkoordinasi dalam
rangka kelenturan , kelincahan dan keseimbangan serta melatih keberanian
|
Kemampuan melakukan kordinasi gerak , keterampilan gerak dasar
sederhana untuk meningkatkan kelenturan
|
Menggambar, membuat dan mewarna
gambar kendaraan.
|
· Mempraktekkan
cara bekerja
· Mewarnai
gambar perkerjaan
|
Dengan contoh guru anak dapat menggambarkan, membuat dan mewarnai gambar kendaaran.
|
·
Anak diminta kedepan untuk mempraktekkan
cara bekerja
·
Anak mewainai gambar pekerjaan
|
Unjuk kerja
|
Pensil
warna
|
Buku gambar
|
·
perbuatan
|
Anak mampu memahami konsep sederhana dan dapat memecahkan
masalah sederhana dalam kehidupan sehari-hari
|
Anak mampu mengenal konsep sains dan matematika dalam kehidupan
sehari-hari (anak mampu berfikir logis, kritis, member alasan, memecahkan
masalah, dan menemukan hubungan sebab akibat
|
Membedakan jenis kendaraan
darat,udara dan laut
|
·
Membilang angka 1-10
·
Membedakan jenis pekerjaan
·
Eksperimen tentang pekerjaan “kenapa mobil
bisa dijalan sopir?”
|
Melalui penjelasan guru, anak dapat
membedakan kendaaran roda empat dan roda dua.
|
·
Dengan kartu angka anak membilang angka 1-10
·
bereksperiman
|
eksperimen
|
·
Gambar macam-macam kendaraan
·
Angka-angka
·
LKS, menghubungkan angka dengan gambar kendaraan
|
|
·
Perbuatan
·
Fortofolio hasil karya anak
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar