Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (
RPP )
TK BUNDA
Kelompok : A Hari :
Senin
Minggu : 5 Tanggal : 27 April 2015
Semester : 2 Tema / Sub tema : Tanah Airku/Benderaku
Tahun
Pelajaran : 2014 / 2015 Waktu : 08.00-10.00
A.
Standar
Kompetensi
Standar
kompetensi yang diharapkan dari TK dan RA adalah tercapainya tugas-tugas
perkembangan secara optimal sesuai standar yang telah dirumuskan. Aspek-aspek
perkembangan yang diharapkan dicapai melalui aspek moral dan nilai-nilai agama,
social emosional, dan kemandirian, berbahasa, kognitif, fisik/motorik dan seni.
B.
Kompetensi
Dasar
- Anak mampu mengikuti aturan serta
dapat belajar untuk berprilaku baik dan sopan.
- Anak mampu berkomunikasi secara
lisan, memiliki perbendaharaan kata-kata dan mengenal simbol.
- Anak mampu mengenal berbagai
konsep sains dan matematika dalam kehidupan sehari-hari (kemampuan berfikir
logis, kritis, member alasan, memecahkan masalah menemukan hubungan sebab
akibat).
- Anak mampu menunjukkan gerakan
tubuh secara terkoordinasi dalam rangka kelenturan, kelincahan dan keseimbangan.
C.
Indikator
- Selalu memberi dan membalas salam.
- Menceritakan pengalaman/kejadian
secara sederhana.
- Mengelompokkan benda dengan
berbagai cara yang diketahui anak. Misalnya : menurut warna, bentuk, ukuran,
jenis dll.
-
Menggunting
bebas.
D.
Tujuan
pembelajaran
-
Dengan
memperaktekkan cara memberi dan membalas salam anak dapat menerapkan,prilaku
sopan santun dengan benar.
-
Dengan
menceritakan pengalaman secra sederhana anak dapat berkomunikasi secara lisan
dengan benar.
-
Dengan
mengelompokkan benda dengan berbagai cara anak dapat menghubungkan gambar
dengan benar.
-
Dengan
mengamati pola anak dapat menggunting pola dengan benar.
E.
Materi
ajar
![]() |
Uraian materi :
Moral
-
Berdoa
sebelum belajar “bismillah hirrohmanirohim. robbi zidni ilma warzuqni fama”
Dan berdoa sesudah belajar
“alhamdulillahirohmanirrohim”.
-
Mengucapkan
salam assalamualaikum dan membalas salam waalaikum salam ketika bertemu oranng
yang lebih tua.
Bahasa
-
Bercerita
pengetahuan bendera yang diketahuinya.
-
Menyebutkan
warna bendera Indonesia, Malaysia dan cina.
Kognitif
- Menghubungkan gambar dengan angka.
Fisik motorik :
-
Menggunting
pola aegi tiga, segi empat dan persegi panjang.
F.
Strategi
Pembelajaran
1.
Kegiatan
Awal ( 30 menit )
-
Persiapan
-
Menata
tempat duduk
-
Mempersiapkan
alat peraga
-
Berbaris,bernyanyi
“neng neng neng”
-
Guru
dan anak masuk masuk kelas,salam,berdoa,hafalan surat-surat pendek
-
Guru mengecek kehadiran anak
-
Apersepsi
“Menyanyikan lagu Benderaku”
-
menunjukkan
media gambar bendera, presiden, burung garuda
-
Guru
menuliskan hari, tanggal, bulan,tahun dan tema yang akan disampaikan
-
Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran
2.
Kegiatan
Inti ( 30
menit )
-
Guru mengajukan pertanyaan “Anak-anak
apa warna Bendera kita?”
-
Guru menunjukan gambar Bendera Indonesia
-
Guru mengajak anak mempraktekkan cara
menggambar Bendera
-
Anakmenghitung gambar Bendera
-
Anak memperhatikan gambar bendera lalu anak menghubungkan gambar bendera
dengan angka sampai 5 dengan cara
menarik garis
-
Bertanya jawab tentang Negara
ISTIRAHAT ( 30 menit )
3.
Kegiatan
Akhir ( 30 menit )
-
Guru dan anak berdiskusi tentang
pelajaran hari itu
-
Guru
bertanya jawab dengan anak tentang pelajaran hari itu
-
Guru
memberikan kesempatan untuk anak yang bertanya tentang pelajaran hari
itu
-
Guru menyimpulkan materi
-
Guru menutup pelajaran hari itu
-
Guru dan anak bernyanyi “pulang sekolah”
-
Guru dan anak membaca doa pulang dan
salam
G.
Sumber
Kurikulum
revisi 2008
H.
Media
Pembelajaran
-
Gambar Bendera Indonesia, Malaysia dan
Cina
-
Gambar burung garuda
-
Plastisin
I. Penilaian
a.
Keaktifan siswa dalam kelas
b.
Kedisiplinan Siswa dalam Kelas
c.
Bicara Lancar
d.
Kekayaan Kosa kata
e.
Respon yang baik
![]() |
![]() |
BENDERA

GARUDA






![]() |
![]() |
![]() |
|||||||||
![]() |
![]() |
![]() |
![]() |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar