terimah kasih telah mengunjungi blog perarenda. sering-sering mampir ke blog ini ya. semoga bermanfaat dan bisa menambah wawasan kita :)

Jumat, 01 Mei 2015

RPP ALAM SEMESTA SUBTEMA PELANGI



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

                        TEMA                                                 : ALAM SEMESTA
                        SUB TEMA                                        : PELANGI
                        KELOMPOK                                     : TK B
                        SEMESTER                                        : II
                        WAKTU PEMBELAJARAN                        : 08.00-10.00
                        HARI/TANGGAL                             : 27 APRIL 2015


A. STANDAR KOMPETENSI
            Standar kompetensi yang diharapkan dari pendidikan TK dan RA adalah tercapainya tugas-tugas perkembangan secara optimal sesuai dengan standar yang telah dirumuskan. Aspek-aspek perkembangan yang diharapkan dicapai meliputi aspek moral dan nilai-nilai agama,sosial,emosional,kemandirian,berbahasa,kognitif,fisik/motorik,dan seni.

  B. KOMPETENSI DASAR          

Moral               : Anak mampu melakukan kegiatan keagamaan secara berurutan

Bahasa             : Anak mampu berkomunikasi secara lisan, memiliki perbendaharaan kata, serta                                mengenal simbol-simbol untuk persiapan membaca
           
Kognitif          : Anak mampu memahami konsep sederhana, memecahkan masalah sederhana                                  dalam kehidupan sehari-hari.

Fisik/Motorik  : Anak mampu melakukan koordinasi gerak, keterampilan gerak dasar sederhana                              untuk meningkatkan keleturan, keseimbangan dan kelincahan


C. INDIKATOR

Moral                 : Membacakan tasbih allah ketika melihat pelangi

Bahasa           : Bercerita tentang apa yang dilihat dan hasil dari eksperimen membuat cahaya       pelangi

Kognitif            : Bereksperimen membuat cahaya pelangi secara sederhana

Fisik/Motorik     : Melakukan gerakan menempel dan menggunting kertas origami






D. TUJUAN PEMBELAJARAN

Moral :
Dengan mempraktekkan membaca tasbih allah “subhanallah” ketika melihat pelangi anak dapat membiasakan membaca tasbih allah dengan benar

Bahasa :
Dengan mengamati proses eksperimen membuat cahaya pelangi anak dapat menyebutkan ciri-ciri pelangi dengan benar dan bahasa yang jelas

Kognitif
Dengan mengamati cahaya pelangi anak dapat membedakan warna-warna yang ada sesuai dengan warna yang dilihat

Fisik/Motorik :
Dengan melakukan gerakan menempel dan menggunting kertas origami maka aktivitas motorik halus anak terkoordinasi mengalami kelenturan, keseimbangan dan kelincahan

E. MATERI









Kognitif :
Mengajak anak untuk bereksperimen membuat cahaya pelangi secara sederhana dengan menggunakan air dan senter
 
 












                                                                                                                               

Uraian Materi :
Moral   : Membaca tasbih allah ketika melihat pelangi   subhanallah 

Ø  Kata tasbih terdiri dari kata t-a-s-b-i-h , tasbih adalah kalimat kalimat yang digunakan untuk memuji keagungan allah swt bagi agama islam
Ø  Kata subhanallah terdisri dari huruf  s-u-b-h-a-n-a-l-l-a-h, subhanallah adalah  maha suci allah
Ø  Kata pelangi terdiri dari huruf p-e-l-a-n-g-i, pelangi yaitu peristiwa dimana cahaya menjadi bergabung dan membuat sekumpulan warna dengan indah dan terjadi setelah hujan

Bahasa  : menceritakan apa yang dilihat dari proses dan hasil eksperimen membuat cahaya pelangi sederhana
Ø  Kata pelangi  terdiri dari huruf  p-e-l-a-n-g-i , pelangi adalah peristiwa bergabungnya beberapa warna cahaya menjadi satu dan terlihat indah setelah hujan
Ciri-ciri pelangi :
Tampak di langit setelah hujan
memiliki 7 warna (merah , jingga , kuning , nila , hijau , biru , ungu)
Berbentuk setengah lingkaran
Kegunaan bulan yaitu membuat langit menjadi indah


Kognitif : bereksperimen membuat cahaya pelangi dengan sederhana
Ø  Kata eksperimen terdiri dari huruf e-k-s-p-e-r-i-m-e-n , eksperimen adalah kegiatan yang dilakukan seseorang untuk membuktikan tentang kebenaran yang berhubungan dengaan alam semesta

Fisik/Motorik : Melakukan gerakan menempel dan menggunting kertas origami

Ø  Kata menempel terdiri dari huruf m-e-n-e-m-p-e-l , menempel adalah melekatkan sesuatu benda pada benda lainnya
Ø  Kata menggunting terdiri dari kata m-e-n-g-g-u-n-t-i-n-g , menggunting adalah kegiatan memotong atau memisahkan sesuatu benda



F. STRATEGI PEMBELAJARAN

A. Kegiatan awal (20 Menit)
·         Guru menyiapkan alat peraga untuk pembelajaran hari ini
·         Bel masuk berbunyi, anak-anak baris di depan kelas
·         Bernyanyi “neng-neng” dan bersalaman dengan guru sebelum masuk kelas
·         Berdoa dan dan membaca surat-surat pendek.
·         Guru mengecek  kehadiran siswa
·         Apersepsi
Guru bertanya siapa yang sudah makan pagi ini ?
·         Guru mengajak anak menyanyikan lagu “pelangi
·         Motivasi
Guru bertanya kepada anak “ketika selesai turun hujan aka nada cahaya yang berwarna warni , apa ya namanya ??”
·         Anak pun menjawab pertanyaan guru
·         Guru menuliskan hari, tanggal dan tahun, serta tema yang akan disampaikan
·         Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
·         Guru menunjukkan gambar pelangi
·         Guru menjelaskan apa itu pelangi, pelangi yaitu peristiwa dimana cahaya menjadi bergabung dan membuat sekumpulan warna dengan indah dan terjadi setelah hujan
·         Guru membacakan tasbih allah ketika melihat pelangi
·         subhanallah
·         Guru meminta anak untuk bersama-sama membaca tasbih allah
·         Guru meminta anak untuk membaca tasbih allah

B. Kegiatan Inti (30 menit)
·         Guru menunjukkan beberapa gambar warna-warna pelangi
·         Guru mengajak anak untuk bereksperimen membuat cahaya pelangi sederhana
·         Guru menceritakan ciri-ciri pelangi
·         Guru meminta anak untuk menceritakan kembali masing-masing ciri-ciri pelangi
·         Guru menunjukkan beberapa gambar pelangi
·         Guru bertanya, pada saat kapan yah pelangi muncul ?
·         Anak menjawab pertanyaan guru
·         Guru menjelaskan kembali pelangi akan muncul setelah hujan tiba saat siang dan sore hari
·         Guru membagikan lembaran kertas kosong dan kertas origami
·         Guru meminta anak untuk menggunting dan menempelkan berbagai warna kertas origami pada kertas kosong sehingga membentuk seperti pelangi
·         Guru membahas jawaban pada lembar kertas yang telah di bagikan
·         Guru memberi penguatan
C. Istirahat (30 menit)
·         Anak mencuci tangan
·         Berdoa sebelum makan
·         Makan bersama
·         Bermain

D. Penutup (10 menit)
·         Guru mengulang kembali penjelasan pembelajaran hari ini
·         Anak menyimpulkan apa yang dia pelajari
·         Benyanyi sayonara
·         Berdoa
·         Pulang

G. MEDIA DAN SUMBER BELAJAR
1.      MEDIA

                           Gambar pelangi

2.    SUMBER

·         Dirjen Pendidikan Dasar dan menengah.2006.Kurikulum 2004 Standar Kompetensi.Jakarta: Depdiknas.
·         Internet
·       Buku Kurikulum 2004
·       Www.Google.com

METODE

·         Demonstrasi
·         eksperimen
·         Tanya Jawab

·         Unjuk Kerja
·         Penugasan

H. EVALUASI
1.      Prosedur penilaian       : Dari awal anak masuk sampai akhir pembelajaran
2.      Jenis penilaian             : Tes lisan dan tes perubahan
3.      Bentuk penilaian         : Essay




Tidak ada komentar:

Posting Komentar