terimah kasih telah mengunjungi blog perarenda. sering-sering mampir ke blog ini ya. semoga bermanfaat dan bisa menambah wawasan kita :)

Jumat, 01 Mei 2015

RPP LINGKUNGAN PEMBELAJARAN SUDUT



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PAUD



Kelompok                               : B
Semester/Minggu                    : I/1
Tema/Sub Tema                      : Lingkungan/Lingkungan sekitar
Hari, Tanggal                          : Kamis , 16 april 2015
Waktu                                     : 30 Menit



I.          STANDAR KOMPETENSI

a.       Sudut ketuhanan      : Anak mampu melakukan perilaku keagamaan secara berurutan dan                                                mulai belajar membedakan perilaku baik dan buruk

b.      Sudut keluarga         : Anak dapat berkomunikasi secara lisan, memiliki perbendaharaan kata ,                                 serta mengenal simbol sebagai persiapan membaca membaca, menulis                                              dan menghitung
        
c.       Sudut alam sekitar    : Anak mampu memahami konsep sederhana dan dapat memecahkan                                                masalah sederhana dalam kehidupan sehari-hari
                                                      
d.      Sudut kebudayaan    : Anak mampu melakukan gerakan tubuh secara terkoordinasi dalam                                                rangka kelenturan , kelincahan dan keseimbangan serta melatih
                                   keberanian

e.       Sudut pembangunan : Anak mampu membangun dan membentuk balok menjadi sebuah                                      bentuk yang memiliki arti







  II.     KOMPETENSI DASAR
a.         Sudut ketuhanan     : Anak mampu melakukan perilaku keagamaan secara berurutan

b.        Sudut keluarga        : Anak dapat berkomunikasi secara lisan, memiliki perbendaharaan kata ,                                 serta mengenal simbol

c.         Sudut alam sekitar   : Anak mampu memahami konsep sains sederhana
      
d.        Sudut kebudayaan   : Anak mampu melakukan gerakan tubuh secara terkoordinasi dalam                                               rangka kelenturan , kelincahan dan keseimbangan

Sudut pembangunan   : Anak mampu membangun dan membentuk balok


     III.  INDIKATOR

·             Berdoa sebelum dan sesudah melaksanakan kegiatan (Pembiasaan)
·             Menyebutkan nama diri, nama orang tua, jenis kelamin, dan alamat rumah dengan lengkap (Bahasa)
·             Mencoba dan menceritakan apa yang terjadi jika: metamorphosis kupu-kupu (Kognitif)
·             Membilang dan menyebut urutan bilangan dari 1 sampai 20 (Kognitif)
·             Berjalan maju pada garis lurus, berjalan di atas papan titian, dengan berjinjit, berjalan dengan tumit sambil membawa beban (Fisik/Motorik)
·             Meniru membuat garis tegak, datar, miring, lengkung, dan lingkaran (Fisik/Motorik)
·             Menggambar bebas dengan berbagai media (kapur tulis, pensil warna, krayon, arang, dan bahan alam) dengan rapi (Seni)
·             Bertepuk tangan dengan 3 pola (Seni)






    IV.          KEGIATAN PEMBELAJARAN
1.      KEGIATAN AWAL ± 30 MENIT (KLASIKAL)
·         Bernyanyi, berdoa, dan mengucap salam
·         Membicarakan tema/sub tema (Bahasa)
·         Melakukan kegiatan fisik/motorik, dapat dilakukan di luar atau di dalam kelas (Fisik/Motorik).



2.      KEGIATAN INTI ± 60 MENIT (INDIVIDUAL/KELOMPOK)

    • Guru menjelaskan kegiatan yang akan dilakukan anak secara klasikal, misalnya:
Kelompok I    : Bermacam jenis agama yang ada di indonesia
Kelompok II   : membangun dan menggabungkan balok
Kelompok III :  bermain boneka jari
Kelompok IV  : bermain musik markas
Kelompok V   : metamorfosis kupu-kupu

    • Anak dapat memilih kegiatan yang disukai pada hari itu
    • Anak bebas mengerjakan tugasnya dan duduk di kelompok atau di sudut yang disukai anak (sudut ke-Tuhanan, keluarga, pembangunan, alam sekitar, atau  sudut kebudayaan)
    • Apabila anak tidak mau mengerjakan tugas dari guru dan memilih bermain di sudut yang disukainya, diperbolehkan, namun guru harus tetap memotivasi anak yang diprogramkan guru
    • Anak tidak diharuskan menyelesaikan semua tugas yang diprogramkan guru.
    • Perpindahan anak sesuai dengan keinginannya
    • Pada waktu kegiatan berlangsung guru tidak berada di satu kelompok saja, tetapi guru memberi bimbingan kepada anak yang menemukan kesulitan, walaupun anak tersebut berada di kelompok lain.

3.      ISTIRAHAT ± 30 MENIT
Cuci tangan, makan (berdoa sebelum dan sesudah makan) dan bermain.

4.      KEGIATAN AKHIR ± 30 MENIT (KLASIKAL)
·         Menyebutkan urutan bilangan 1-10 (Kognitif)
·         Bertepuk tangan dengan 3 pola (Seni)
·         Diskusi tentang kegiatan satu hari
·         Menyanyi, berdoa, pulang

       V.          ALAT/SUMBER BELAJAR
   - balok-balok
   - boneka jari.
   - botol music markas
   - papan metamorphosis kupu-kupu
 Sumber
-       kurikulum 2008 diknas.
-       Pendidikan anak usia dini , 2013 , badan PSDMPK-PMP
-       Majalah bustanul athfal 3.,2008






    VI.          PENILAIAN PERKEMBANGAN ANAK
1.      Tehnik                                     : dari awal anak masuk sampai akhir proses pembelajaran
                        Eksperimen                 : mempraktekan semua media disetiap sudut
                        Demontrasi                  : cara memainkan media di setiap sudut
2.      Bentuk penilain           : penilian proses dan hasil
3.       insrtumen                    :  tes lisan dan tes perbuatan
4.      kunci dan penskoran

Tidak ada komentar:

Posting Komentar