RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PAUD
Kelompok :
B
Semester/Minggu : I/1
Tema/Sub Tema :
Lingkungan/Lingkungan sekitar
Hari, Tanggal : Kamis , 16 april 2015
Waktu :
30 Menit
I.
STANDAR
KOMPETENSI
a. Sudut ketuhanan : Anak mampu melakukan perilaku keagamaan
secara berurutan dan mulai belajar membedakan perilaku baik dan
buruk
b. Sudut keluarga : Anak dapat berkomunikasi secara
lisan, memiliki perbendaharaan kata , serta mengenal simbol sebagai
persiapan membaca membaca, menulis dan menghitung
c. Sudut alam sekitar : Anak mampu memahami konsep sederhana dan
dapat memecahkan masalah sederhana dalam kehidupan sehari-hari
d. Sudut kebudayaan : Anak mampu melakukan gerakan tubuh secara terkoordinasi
dalam rangka kelenturan , kelincahan dan keseimbangan
serta melatih
keberanian
keberanian
e. Sudut pembangunan : Anak mampu membangun dan membentuk balok
menjadi sebuah bentuk yang memiliki arti
II.
KOMPETENSI DASAR
a.
Sudut
ketuhanan : Anak mampu melakukan
perilaku keagamaan secara berurutan
b.
Sudut
keluarga : Anak dapat berkomunikasi
secara lisan, memiliki perbendaharaan kata , serta mengenal simbol
c.
Sudut
alam sekitar : Anak mampu memahami
konsep sains sederhana
d.
Sudut
kebudayaan : Anak mampu melakukan
gerakan tubuh secara terkoordinasi dalam rangka kelenturan , kelincahan dan keseimbangan
Sudut
pembangunan : Anak mampu membangun dan
membentuk balok
III. INDIKATOR
·
Berdoa sebelum dan sesudah
melaksanakan kegiatan (Pembiasaan)
·
Menyebutkan nama diri, nama
orang tua, jenis kelamin, dan alamat rumah dengan lengkap (Bahasa)
·
Mencoba dan menceritakan apa
yang terjadi jika: metamorphosis kupu-kupu
(Kognitif)
·
Membilang dan menyebut urutan
bilangan dari 1 sampai 20 (Kognitif)
·
Berjalan maju pada garis lurus,
berjalan di atas papan titian, dengan berjinjit, berjalan dengan tumit sambil
membawa beban (Fisik/Motorik)
·
Meniru membuat garis tegak,
datar, miring, lengkung, dan lingkaran (Fisik/Motorik)
·
Menggambar bebas dengan
berbagai media (kapur tulis, pensil warna, krayon, arang, dan bahan alam)
dengan rapi (Seni)
·
Bertepuk tangan dengan 3 pola
(Seni)
IV.
KEGIATAN PEMBELAJARAN
1. KEGIATAN AWAL ± 30 MENIT
(KLASIKAL)
·
Bernyanyi, berdoa, dan mengucap
salam
·
Membicarakan tema/sub tema
(Bahasa)
·
Melakukan kegiatan
fisik/motorik, dapat dilakukan di luar atau di dalam kelas (Fisik/Motorik).
2. KEGIATAN INTI ± 60 MENIT
(INDIVIDUAL/KELOMPOK)
- Guru menjelaskan kegiatan yang akan dilakukan anak secara klasikal, misalnya:
Kelompok I : Bermacam
jenis agama yang ada di indonesia
Kelompok II : membangun
dan menggabungkan balok
Kelompok III : bermain boneka jari
Kelompok IV :
bermain musik markas
Kelompok V :
metamorfosis kupu-kupu
- Anak dapat memilih kegiatan yang disukai pada hari itu
- Anak bebas mengerjakan tugasnya dan duduk di kelompok atau di sudut yang disukai anak (sudut ke-Tuhanan, keluarga, pembangunan, alam sekitar, atau sudut kebudayaan)
- Apabila anak tidak mau mengerjakan tugas dari guru dan memilih bermain di sudut yang disukainya, diperbolehkan, namun guru harus tetap memotivasi anak yang diprogramkan guru
- Anak tidak diharuskan menyelesaikan semua tugas yang diprogramkan guru.
- Perpindahan anak sesuai dengan keinginannya
- Pada waktu kegiatan berlangsung guru tidak berada di satu kelompok saja, tetapi guru memberi bimbingan kepada anak yang menemukan kesulitan, walaupun anak tersebut berada di kelompok lain.
3. ISTIRAHAT ± 30 MENIT
Cuci
tangan, makan (berdoa sebelum dan sesudah makan) dan bermain.
4. KEGIATAN AKHIR ± 30 MENIT
(KLASIKAL)
·
Menyebutkan urutan bilangan
1-10 (Kognitif)
·
Bertepuk tangan dengan 3 pola
(Seni)
·
Diskusi tentang kegiatan satu
hari
·
Menyanyi, berdoa, pulang
V.
ALAT/SUMBER
BELAJAR
- balok-balok
-
boneka jari.
-
botol music markas
-
papan metamorphosis kupu-kupu
Sumber
- kurikulum 2008 diknas.
- Pendidikan anak usia dini , 2013
, badan PSDMPK-PMP
-
Majalah
bustanul athfal 3.,2008
VI.
PENILAIAN
PERKEMBANGAN ANAK
1.
Tehnik
: dari awal anak masuk sampai akhir
proses pembelajaran
Eksperimen : mempraktekan semua media
disetiap sudut
Demontrasi : cara memainkan media di
setiap sudut
2. Bentuk penilain : penilian proses dan hasil
3. insrtumen : tes lisan dan tes perbuatan
4.
kunci
dan penskoran
Tidak ada komentar:
Posting Komentar