Teori-Teori Psikologi Perkembangan Kognitif
|
Teori Perkembangan Kognitif Piaget
|
Teori Perkembangan Kognitif Vygotsky
|
A.
Orientasi Umum Teori Piaget
B.
Tahap Perkembangan Kognitif Anak Usia 4-6
Tahun
|
A.
Teori Umum Teori Vygotsky
B. Interaksi
Sosial Dan Belajar Pada Anak Usia
4-6 Tahun
C.
Pendekatan Pemanfaatan Otak
|
Menurut piaget tahapan adalah suatu periode waktu dimana
cara berfikir dan perilaku anak dalam situasi yang beragam menggambarkan
struktur mental tertentu yang mendasar
|
Vygotsky menggunakan istilah ZPD untuk menggambarkan
suatu jarak/ruang antara perkembangan actual dengan tingkat pengembangan
potensial
|
Teori Kecerdasan Majemuk
(Multiple Intelligences)
Teori
|
Orientasi Umum Teori Kecerdasan Majemuk (Multiple Intelligences)
|
Aspek-Aspek Kecerdasan Majemuk
|
A. Pengertian
B. Kecerdasan
Majemuk (Multiple Intelligences)
C.
Menganalisis Tanda-Tanda Kecerdasan
|
A. Kecerdasan
Verbal-Linguistik (Verbal-Linguistic
Intelligences)
B. Kecerdasan
Matematika (Logical-Mathematical
Intelligences)
C. Kecerdasan
Visual-Spasial (Spatial Intelligence)
D. Kecerdasan
Gerak Tubuh (Bodily-Kinesthetic
Intelligences)
E. Kecerdasan
Musikal Berirama (Musical-Rythmic
Intelligences)
F. Kecerdasan
AntarDiri-Interpersonal (Interpersonal
Intelligence)
G. Kecerdasan
Dalam Diri (Interpersonal
Intelligence)
H. Kecerdasan
Alam-Natural (Naturalistic
Inteligence)
I.
Pendekatan Pemanfaatan Otak dalam
Kecerdasan Majemuk
|
Perbedaan Individual Dalam
Belajar
|
Perbedaan Individu dalam Belajar
Ditinjau dari Faktor Internal
|
Perbedaan Individual dalam
belajar Ditinjau dari Faktor Internal
|
A. Pengalaman
Hidup
1.
Komposisi Keluarga
2.
Urutan Kelahiran anak
3.
Anak Yang Dianiaya dan Diabaikan (Child-Abused)
4.
Jenis Pekerjaan Anggota Keluarga
5.
Usia Ortu Saat Melahirkan Anak
6.
Status Sosial-Ekonomi
7.
Tingkat Pendidikan Orang Tua
8.
Kondisi-Kondisi Khusus
B.
Budaya
|
A. Gender
B. Temperamen
C. Minat
D.
Gaya Belajar
|
A. Pengertian
Bermain
B. Teori-Teori
Mengenai Bermain : a. Teori Psikoanalisis
b. Teori Kognitif
c. Manfaat Bermain
d. Tahapan-Tahapan Perkembangan Bermain
|
Bermain
pada Anak Usia 4-6 Tahun
|
Teori Bermain
|
Berbagai
Kegiatan Bermain pada anak Usia 4-6 Tahun
|
A. Jenis-Jenis
Bermain
1.
Bermain Fungsional
2.
Bermain Konstruktif
3.
Bermain Simbolik
B. Peran
Guru Dalam Kegiatan Bermain Bersama Anak
C.
Observasi
|
Teori Perkembangan sosial-Emosional
|
Teori Pengembangan Sosial Erik Erikson
|
Resiliensi
|
Teori Perkembangan Emosional Maslow
|
A. Orientasi
Umum
B. Tahapan
Psikososial
C.
Faktor-faktor Yang Mempengaruhi
Perkembangan
|
A. Orientasi
Umum Teori Maslow
B. Hierarki
Kebutuhan
C.
Menumbuhkan Motivasi
|
A. Pengertian
Resiliensi
B. Faktor-faktor
Yang Mempengaruhi Resiliensi
|
Perkembangan
manusia
|
Prinsip-prinsip
perkembangan
|
Isu
& factor-faktor yang mempengaruhi perkembangan
|
A.
Batasan Perkembangan
B. Proses
Perkembangan
C. Prinsip-Prinsip
Perkembangan
D. Aspek-Aspek
Perkembangan
E.
Periode Rentang Kehidupan
|
Isu perkembangan
|
Faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan
|
1.
Faktor Herediter vs Faktor Lingkungan
2. Perkembangan
Bersifat Aktif vs Pasif
3. Kontinuitas
vs Diskontinuitas
4. Pengalaman
Dini vs Kemudian
5. Pengaruh
Situasional vs Karakteristik Individu
6. Budaya
Bersifat Universal vs Relatif
7.
Perubahan Individu Bersifat Stabil vs
Terbuka
|
1.
Herediter, Lingkungan, dan Kematangan
2. Pengaruh
Kontekstual Umum
3. Pengaruh
Normatif & Nonnormatif
4.
Pengaruh Waktu : Periode, Sensitif atau
Kritis
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar