terimah kasih telah mengunjungi blog perarenda. sering-sering mampir ke blog ini ya. semoga bermanfaat dan bisa menambah wawasan kita :)

Selasa, 09 September 2014

teori perkembangan kognitif paud



Teori-Teori Psikologi Perkembangan Kognitif
Teori Perkembangan Kognitif Piaget
Teori Perkembangan Kognitif Vygotsky
A.      Orientasi Umum Teori Piaget
B.      Tahap Perkembangan Kognitif Anak Usia 4-6 Tahun
A.      Teori Umum Teori Vygotsky
B.      Interaksi Sosial Dan Belajar Pada Anak Usia  4-6 Tahun
C.      Pendekatan Pemanfaatan Otak
 



Menurut piaget tahapan adalah suatu periode waktu dimana cara berfikir dan perilaku anak dalam situasi yang beragam menggambarkan struktur mental tertentu yang mendasar

Vygotsky menggunakan istilah ZPD untuk menggambarkan suatu jarak/ruang antara perkembangan actual dengan tingkat pengembangan potensial
 
 Teori Kecerdasan Majemuk
  (Multiple Intelligences)
Teori

Orientasi Umum Teori Kecerdasan Majemuk (Multiple Intelligences)
Aspek-Aspek Kecerdasan Majemuk
A.      Pengertian
B.      Kecerdasan Majemuk (Multiple Intelligences)
C.      Menganalisis Tanda-Tanda Kecerdasan
A.      Kecerdasan Verbal-Linguistik (Verbal-Linguistic Intelligences)
B.      Kecerdasan Matematika (Logical-Mathematical Intelligences)
C.      Kecerdasan Visual-Spasial (Spatial Intelligence)
D.      Kecerdasan Gerak Tubuh (Bodily-Kinesthetic Intelligences)
E.       Kecerdasan Musikal Berirama (Musical-Rythmic Intelligences)
F.       Kecerdasan AntarDiri-Interpersonal (Interpersonal Intelligence)
G.     Kecerdasan Dalam Diri (Interpersonal Intelligence)
H.      Kecerdasan Alam-Natural (Naturalistic Inteligence)
I.        Pendekatan Pemanfaatan Otak dalam Kecerdasan Majemuk

 

 
Perbedaan Individual Dalam Belajar
Perbedaan Individu dalam Belajar Ditinjau dari Faktor Internal
Perbedaan Individual dalam belajar Ditinjau dari Faktor Internal
A.      Pengalaman Hidup
1.       Komposisi Keluarga
2.       Urutan Kelahiran anak
3.       Anak Yang Dianiaya dan Diabaikan (Child-Abused)
4.       Jenis Pekerjaan Anggota Keluarga
5.       Usia Ortu Saat Melahirkan Anak
6.       Status Sosial-Ekonomi
7.       Tingkat Pendidikan Orang Tua
8.       Kondisi-Kondisi Khusus
B.      Budaya
A.      Gender
B.      Temperamen
C.      Minat
D.      Gaya Belajar

 

A.      Pengertian Bermain
B.      Teori-Teori Mengenai Bermain : a. Teori Psikoanalisis
b. Teori Kognitif
c. Manfaat Bermain
d. Tahapan-Tahapan Perkembangan Bermain
Bermain pada Anak Usia 4-6 Tahun
Teori Bermain
Berbagai Kegiatan Bermain pada anak Usia 4-6 Tahun
A.      Jenis-Jenis Bermain
1.       Bermain Fungsional
2.       Bermain Konstruktif
3.       Bermain Simbolik
B.      Peran Guru Dalam Kegiatan Bermain Bersama Anak
C.      Observasi

       Teori Perkembangan             sosial-Emosional
Teori Pengembangan Sosial Erik Erikson
Resiliensi
Teori Perkembangan Emosional Maslow
A.      Orientasi Umum
B.      Tahapan Psikososial
C.      Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Perkembangan
A.      Orientasi Umum Teori Maslow
B.      Hierarki Kebutuhan
C.      Menumbuhkan Motivasi
A.      Pengertian Resiliensi
B.      Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Resiliensi


 
Perkembangan
                manusia
Prinsip-prinsip perkembangan
Isu & factor-faktor yang mempengaruhi perkembangan
A.      Batasan Perkembangan
B.      Proses Perkembangan
C.      Prinsip-Prinsip Perkembangan
D.     Aspek-Aspek Perkembangan
E.      Periode Rentang Kehidupan
Isu perkembangan
Faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan
1.       Faktor Herediter vs Faktor Lingkungan
2.       Perkembangan Bersifat Aktif vs Pasif
3.       Kontinuitas vs Diskontinuitas
4.       Pengalaman Dini vs Kemudian
5.       Pengaruh Situasional vs Karakteristik Individu
6.       Budaya Bersifat Universal vs Relatif
7.       Perubahan Individu Bersifat Stabil vs Terbuka
1.       Herediter, Lingkungan, dan Kematangan
2.       Pengaruh Kontekstual Umum
3.       Pengaruh Normatif & Nonnormatif
4.       Pengaruh Waktu : Periode, Sensitif atau Kritis

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar