Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (
RPP )
TK BUNDA
Kelompok : A Hari :
Senin
Minggu : 19 Tanggal : 17 Maret 2014
Semester : 2 Tema / Sub tema : Tanah Airku/Negaraku
Tahun
Pelajaran : 2013 / 2014 Waktu : 08.00-10.00
A.
Standar
Kompetensi
-
Anak mampu mengucapkan bacaan do`a /
lagu-lagu keagamaan, meniru gerakan beribadah, mengikuti aturan serta mampu
belajar berprilaku baik dan sopan bila diingatkan.
-
Anak dapat berkomunikasi secara lisan,
memiliki perbendaharaan kata, serta mengenal simbol.
-
Anak mampu mengenaldan memahami berbagai
konsep sederhana dalam kehidupan sehari-hari.
-
Anak mampu melakukan gerakan tubuh
secara terkoordinasi dalam rangka kelenturan, kelincahan, dan keseimbangan
B.
Kompetensi
Dasar
-
Anak mampu melakukan ibadah.
-
Anak mampu berkomunikasi secara lisan,
memiliki perbendaharaan kata-kata dan mengenal simbol.
-
Anak mampu mengenal berbagai konsep
sains dan matematika dalam kehidupan sehari-hari ( kemampuan berpikir logis,
kritis, member alasan, memecahkan masalah, menemukan sebab-akibat )
-
Anak mampu menunjukkan gerakan tubuh
secara terkoordinasi dalam rangka kelenturan, kelincahan, dan keseimbangan.
C.
Indikator pencapaian kompetensi
-
Berdo`a sebelum dan sesudah melaksanakan
kegiatan.
-
Membaca gambar yang memiliki kata atau
kalimat sederhana
-
Menghubungkan atau memasangkan lambing
bilangan dengan benda-benda sampai 5
-
Berjalan ke berbagai arah dengan
berbagaibcara, misalnya, berjalan maju di atas garis lurus, berjalann diatas
papan titian,berjalan kedepan dengan tumit, berjalan dengan jinjit.
D.
Tujuan pembelajaran
-
Melalui latihan membaca do`a sebelum dan
sesudah melaksanakan kegiatan anak dapat membaca do`a dengan benar.
-
Melalui latihan Membaca gambar yang
memiliki kata atau kalimat sederhana anak dapat Membaca gambar yang memiliki
kata atau kalimat sederhana dengan benar.
-
Melalui Menghubungkan atau memasangkan
lambing bilangan dengan benda-benda sampai 5 anak dapat Menghubungkan atau
memasangkan lambing bilangan dengan benda-benda sampai 5dengan benar.
-
Melalui latihan berjalan ke berbagai
arah dengan berbagaicara, anak dapat berjalan ke berbagai arah dengan
berbagaibcara dengan benar.
E.
Materi ajar
![]() |
Uraian
materi :
Moral
-
Membaca do`a sebelum dan sesudah
belajar.
Bahasa :
-
Gambar Bendera Indonesia
-
Gambar Burung garuda
-
Menyebutkan dasar Negara Indonesia
(Pancasila)
-
Meneja kata Bendera, Garuda
Kognitif :
-
Menghitung Bendera
-
Gambar burung garuda
-
Menghubungkan gambar dengan bilangan
sampai 5
-
Menghitung angka 1-5
Fisik motorik :
-
Berjalan ke berbagai arah dengan
berbagaibcara, misalnya, berjalan maju di atas garis lurus, berjalann diatas
papan titian,berjalan kedepan dengan tumit, berjalan dengan jinjit
F.
Strategi
Pembelajaran
1.
Kegiatan
Awal ( ± 25
menit )
-
Anak berbaris sebelum masuk ke dalam
kelas serta menyanyikan lagu “neng neng neng”
-
Anak masuk kelas dengan mendahulukan
kaki kanan serta memberi salam kepada guru
-
Anak duduk membentuk posisi melingkar di
lantai yang beralas karpet / tikar
-
Guru mengucapkan salam dan anak menjawab
salam
-
Anak membaca doa sebelum belajar,
alfatihah, surat-surat pendek, doa kedua orang tua
-
Guru dan anak menyanyikan lagu “selamat
pagi” dll
-
Guru
mengecek kehadiran anak
-
Guru melakukan apersepsi
-
Guru
menunjukkan media gambar Bendera Indonesia
-
Guru/anak
menuliskan hari, tanggal, bulan, tahun dan tema yang akan di sampaikan
-
Guru membahas tema tentang “Negaraku”
2.
Kegiatan
Inti ( ± 30
menit )
·
Guru mengajukan pertanyaan
Anak-anak
apa warna Bendera kita?
·
Guru menunjukan gambar Bendera Indonesia
·
Guru mengajak anak mempraktekkan cara
menggambar Bendera
·
Anakmenghitung gambar Bendera
·
Anak memperhatikan gambar bendera lalu anak menghubungkan gambar bendera
dengan angka sampai 5 dengan cara
menarik garis
·
Bertanya jawab tentang Negara
ISTIRAHAT ( ± 40 menit )
1.
Kegiatan
Akhir ( ± 20 menit )
-
Guru dan anak berdiskusi tentang
pelajaran hari itu
-
Guru
bertanya jawab dengan anak tentang pelajaran hari itu
-
Guru
memberikan kesempatan untuk anak yang bertanya tentang pelajaran hari itu
-
Guru menyimpulkan materi
-
Guru menutup pelajaran hari itu
-
Guru dan anak bernyanyi “pulang sekolah”
-
Guru dan anak membaca doa pulang dan
salam
G.
Sumber
Kurikulum
2004
H.
Media
Pembelajaran
-
Gambar Bendera Indonesia
-
Gambar burung garuda
I.
Penilaian
a. Keaktifan siswa dalam
kelas
b.
Kedisiplinan Siswa dalam Kelas
c.
Bicara Lancar
d. Kekayaan Kosa kata
e.
Respon yang baik
![]() |
![]() |
BENDERA

GARUDA
Tidak ada komentar:
Posting Komentar