terimah kasih telah mengunjungi blog perarenda. sering-sering mampir ke blog ini ya. semoga bermanfaat dan bisa menambah wawasan kita :)

Sabtu, 06 September 2014

CONTOH RKH PAUD



RENCANA KEGIATAN HARIAN (RKH)
                                                                                                                Tema                                     : Rekreasi
                                                                                                                Sub Tema                             : Tempat Rariwisata
                                                                                                                Hari/Tanggal                      : Senin , 24 februari 2014
                                                                                                                Kelompok                            : B
                                                                                                                Semester                               : ll
                                                                                                                Bidang Pengembangan    : Nilai Agama dan Moral, Kognitif, Fisik dan Motorik, Bahasa, Sosial Emosional



Kompetensi Dasar
Indikator
Kegiatan
Pembelajaran
Alokasi
Waktu
Metode Media
(Alat Peraga)
Sumber Belajar
Evaluasi
Pendidikan
Karakter
Bangsa
Alat
Hasil
Pembiasaan (sosial emosional)
·       anak dapat berdoa sebelum melaksanakan kegiatan

·       anak dapat mengucap dan membalas salam
Afektif:
·       Berdoa sebelum dan sesudah melaksanakan kegiatan (NAM)


·       Mau menyapa dan menjawab sapaan dengan ramah (NAM)
Pra Kegiatan
·       Berdoa sebelum belajar

·       Mengucapkan salam dan membalas salam
l. Pembukaan
     Orientasi :
·       Menjelaskan tujuan pembelajaran yaitu mengetahui tempat-tempat pariwisata
15 menit






15 menit

Metode Praktek Langsung

Metode Praktek Langsung

Observasi

Observasi


Religius

Cinta Damai







·         Anak dapat menyebut kata-kata yang dikenalnya



·         Anak mampu mengekspresikan diri dan berkarya seni menggunakan berbagai media

·         Anak dapat memahami cerita yang di bacakan

·         Anak dapat mengenal gejala sebab akibat terkait dengan dirinya




Bahasa :
·      menyebutkan bermacam-macam benda yang ada di lingkungan sekitar


fisik motorik:
·      menggerakan kepala, tangan , atau kaki mengikuti ritmik



Bahasa :
·      Mendengarkan cerita dan menceritakan kembali isi cerita secara sederhana

Kognitif :
·      Mengungkap akibat dari sikap tidak baik kepada orang lain
    Motivasi :
·       Memberi semangat agar anak dapat mengikuti pembelajaran dengan baik dan menjaga kebersihan tempat pariwisata

Apersepsi:
·       Menyebutkan tempat yang pernah di kunjungi

ll.   inti
Aktivitas
·       Bernyanyi lagu prahu layar sambil menggerakan tangan, kaki atau kepala

·       Guru menceritakan asal-usul pulau kemaro


·       Mengungkap amanat yang terkandung dalam cerita






60 Menit




Metode Tanya jawab


Metode bernyanyi



Metode bercerita dengan  alat peraga


metode Tanya jawab





Tanya jawab



unjuk kerja



observasi


observasi






Komunikatif



Komunikatif



Ingin tahu


Peduli Sosial

 


·       Anak dapat mengikuti aturan dan mengendalikan emosi

·       Anak dapat berdoa sebelum melaksanakan kegiatan

·       Anak dapat merapikan alat-alat yang sudah di pergunakan

Pembiasaan (Nilai Agama dan Moral)
·       Mampu mendengarkan, berkomunikasi secara lisan dan memiliki perbendaharaan kata

·       Anak dapat menyebutkan kata-kata yang di kenal nya


·       Anak dapat berdoa sebelum melaksanakan kegiatan

·       Anak dapat mengucapkan dan membalas salam

·      Sabar  menunggu giliran

·      Berdoa sebelum dan sesudah melaksanakan kegiatan

·      Mengembalikan alat  pada tempatnya




·      Berkomunikasi secara lisan dengan bahasa sendiri

·      Menyanyikan beberapa lagu anak

·      Berdoa sebelum dan sesudah kegiatan

·      Mau menyapa dan menjawab sapaan ramah

Ill . Istirahat
·         Mencuci tangan

·         Berdoa sebelum dan sesudah makan


·         Makan tanpa bantuan orang dewasa

·         Merapikan tempat makan

IV. Penutup

·         Review ( mengingat pembelajaran yang telah di lakukan)


·         Bernyanyi lagu sayonara

·         Berdoa



·         Mengucapkan dan membalas salam

·         Pulang
30 Menit







30 menit

metode praktek langsung



metode bekal makan

metode alat makan

metode bercakap-cakap


metode bernyanyi

metode praktek langsung


metode praktek langsung



observasi


observasi



unjuk kerja

observasi


observasi

unjuk kerja





Disiplin

Religious

Mandiri


tanggung jawab

rasa ingin tahu


komunikatif

religious


peduli sosial

1 komentar:

  1. Terimakasih Ilmu nya,,,,Insya Allah Sangat Bermanfaat,,,Salam kenal,Salam Silaturahmi ^_^

    BalasHapus