RENCANA KEGIATAN HARIAN (RKH)
Tema :
Rekreasi
Sub Tema : Tempat Rariwisata
Hari/Tanggal : Senin , 24 februari 2014
Kelompok : B
Semester : ll
Bidang Pengembangan : Nilai Agama dan Moral, Kognitif, Fisik dan Motorik, Bahasa, Sosial Emosional
Sub Tema : Tempat Rariwisata
Hari/Tanggal : Senin , 24 februari 2014
Kelompok : B
Semester : ll
Bidang Pengembangan : Nilai Agama dan Moral, Kognitif, Fisik dan Motorik, Bahasa, Sosial Emosional
|
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
|
Kegiatan
Pembelajaran |
Alokasi
Waktu |
Metode
Media
(Alat Peraga) Sumber Belajar |
Evaluasi
|
Pendidikan
Karakter Bangsa |
|
|
Alat
|
Hasil
|
||||||
|
Pembiasaan (sosial emosional)
·
anak dapat
berdoa sebelum melaksanakan kegiatan
·
anak dapat
mengucap dan membalas salam
|
Afektif:
· Berdoa
sebelum dan sesudah melaksanakan kegiatan (NAM)
· Mau
menyapa dan menjawab sapaan dengan ramah (NAM)
|
Pra Kegiatan
·
Berdoa sebelum
belajar
·
Mengucapkan
salam dan membalas salam
l. Pembukaan
Orientasi :
·
Menjelaskan
tujuan pembelajaran yaitu mengetahui tempat-tempat pariwisata
|
15 menit
15 menit
|
Metode Praktek
Langsung
Metode Praktek
Langsung
|
Observasi
Observasi
|
|
Religius
Cinta Damai
|
|
·
Anak dapat
menyebut kata-kata yang dikenalnya
·
Anak mampu
mengekspresikan diri dan berkarya seni menggunakan berbagai media
·
Anak dapat
memahami cerita yang di bacakan
·
Anak dapat
mengenal gejala sebab akibat terkait dengan dirinya
|
Bahasa :
·
menyebutkan
bermacam-macam benda yang ada di lingkungan sekitar
fisik
motorik:
·
menggerakan
kepala, tangan , atau kaki mengikuti ritmik
Bahasa
:
·
Mendengarkan
cerita dan menceritakan kembali isi cerita secara sederhana
Kognitif :
·
Mengungkap
akibat dari sikap tidak baik kepada orang lain
|
Motivasi :
·
Memberi
semangat agar anak dapat mengikuti pembelajaran dengan baik dan menjaga
kebersihan tempat pariwisata
Apersepsi:
·
Menyebutkan
tempat yang pernah di kunjungi
ll. inti
Aktivitas
·
Bernyanyi lagu
prahu layar sambil menggerakan tangan, kaki atau kepala
·
Guru
menceritakan asal-usul pulau kemaro
·
Mengungkap
amanat yang terkandung dalam cerita
|
60 Menit
|
Metode Tanya jawab
Metode bernyanyi
Metode bercerita
dengan alat peraga
metode Tanya jawab |
Tanya jawab
unjuk kerja observasi
observasi
|
|
Komunikatif
Komunikatif
Ingin tahu
Peduli Sosial
|
|
·
Anak dapat
mengikuti aturan dan mengendalikan emosi
·
Anak dapat
berdoa sebelum melaksanakan kegiatan
·
Anak dapat
merapikan alat-alat yang sudah di pergunakan
Pembiasaan (Nilai Agama dan Moral)
·
Mampu
mendengarkan, berkomunikasi secara lisan dan memiliki perbendaharaan kata
·
Anak dapat
menyebutkan kata-kata yang di kenal nya
·
Anak dapat
berdoa sebelum melaksanakan kegiatan
·
Anak dapat mengucapkan
dan membalas salam
|
·
Sabar menunggu giliran
·
Berdoa sebelum
dan sesudah melaksanakan kegiatan
·
Mengembalikan
alat pada tempatnya
·
Berkomunikasi
secara lisan dengan bahasa sendiri
·
Menyanyikan
beberapa lagu anak
·
Berdoa sebelum
dan sesudah kegiatan
·
Mau menyapa
dan menjawab sapaan ramah
|
Ill . Istirahat
·
Mencuci tangan
·
Berdoa sebelum
dan sesudah makan
·
Makan tanpa
bantuan orang dewasa
·
Merapikan
tempat makan
IV. Penutup
·
Review (
mengingat pembelajaran yang telah di lakukan)
·
Bernyanyi lagu
sayonara
·
Berdoa
·
Mengucapkan
dan membalas salam
·
Pulang
|
30 Menit
30 menit |
metode praktek langsung metode bekal makan metode alat makan
metode bercakap-cakap
metode bernyanyi
metode praktek
langsung
metode praktek langsung |
observasi observasi unjuk kerja
observasi
observasi
unjuk kerja
|
|
Disiplin
Religious
Mandiri
tanggung jawab rasa ingin tahu komunikatif
religious
peduli sosial
|
Terimakasih Ilmu nya,,,,Insya Allah Sangat Bermanfaat,,,Salam kenal,Salam Silaturahmi ^_^
BalasHapus